Tuesday, May 5, 2009

Vitamin dan Mineral.

Manfaat Vitamin dan Mineral bagi tubuh kita.

Vitamin dan mineral adalah zat utama bagi fungsi tubuh dan kesehatan. Bermacam-macam jenis vitamin dan mineral seperti : Vitamin A, B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6, B12, biotin, cholin, asam folat & inositol), C, D, E, Kalsium, Fluorida, Yodium, Zat Besi, Kalium natrium dan sebagainya.
Jumlah kebutuhan yang disarankan per hari atau RDA (Recommended Dietary Allowance) adalah jumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan setiap hari. Standar jumlah yang dibutuhkan tubuh dibuat oleh USA Academy of Sciences dan diperkirakan cukup untuk pertumbuhan anak-anak dan pencegahan kekurangan vitamin dan mineral pada orang dewasa. Jumlah kebutuhan ini berbeda menurut umur dan jenis kelamin.
Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral adalah dari makanan sehari-hari. Diet yang seimbang dengan makanan yang bervariasi, sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral sehari-hari (biji-bijian/cereal, ikan, ayam, daging, susu, telur, buah-buahan, kacang-kacangan, kacang kering, sayur hijau segar).

Bila konsumsi vitamin dan mineral telah diperoleh melalui makanan sebenarnya tidak diperlukan lagi tambahan suplemen vitamin dan mineral, kecuali pada kondisi khusus. Kini banyak suplemen vitamin dan mineral yang beredar di pasaran dan dapat dibeli tanpa resep dokter.

Vitamin dan mineral diberikan terutama pada semasa hamil, menyusui, pada bayi yang lahir premature. Penderita penyakit kronis/serius yang mengakibatkan malnutrisi. Penyakit/kondisi tertentu seperti gagal ginjal, membutuhkan diet rendah protein, gangguan penyerapan lambung, dehidrasi (dimana dibutuhkan mineral kalium/natrium/lain-lainnya).
Untuk penyakit batuk-pilek, bisa dibantu dengan vitamin C-- meski belum semua dokter setuju dengan pendapat itu. Bagi orang-orang yang menjalankan diet vegetarian (yaitu diet sayur-sayuran tanpa susu/telur), akan mengalami kekurangan vitamin B12.
Manfaat dan kebutuhan vitamin dan mineral yang dianjurkan:
-Untuk Vitamin A, jumlah yang dianjurkan per hari 5000 International Unit (IU). Vitamin A dapat membantu daya penglihatan malam/warna, serta mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.
-Vitamin B1 (Thiamin), jumlah yang dianjurkan per hari sebanyak 1.5 mg. Vitamin B1 untuk membantu melepaskan energi dari makanan serta mempertahankan kesehatan susunan syaraf.
-Untuk Vitamin B2 (Riboflavin), jumlah yang dianjurkan per hari 1.7 mg. Vitamin itu membantu melepaskan energi dari makanan serta mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.
-Vitamin B3 (Niacin), jumlah yang dianjurkan per hari sebanyak 20 mg. Vitamin ini membantu melepaskan energi dari makanan serta mempertahankan kesehatan sistim susunan syaraf dan kesehatan rambut.
-Pada vitamin B5, jumlah yang dianjurkan per hari 10 mg. Vitamin itu membantu melepaskan energi dari makanan, mempertahankan kesehatan jaringan dan rambut.
-Sedangkan Vitamin B6 (Pyridoxin), jumlah yang dianjurkan per hari sebanyak 2 mg. Vitamin itu membantu melepaskan energi dari makanan, membantu pembentukan sel darah merah serta mempertahankan kesehatan sistim syaraf.
-Vitamin B12 (Cyanocobalamin), jumlah yang dianjurkan per hari 6 mcg. Vitamin itu membantu pembentukan sel darah merah/mencegah anemia, mempertahankan kesehatan sistim susunan syaraf.
-Untuk biotin, jumlah yang dianjurkan per hari 400 mcg. Kegunaan biotin untuk mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.
-Sementara asam folat, jumlah yang dianjurkan per hari 400 mcg. Asam folat berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah, mempertahankan kesehatan sistim pencernaan.
-Untuk vitamin C, jumlah yang dianjurkan per hari 60 mg. Kegunaannya untuk membantu penyembuhan luka, penyerapan zat besi dan kalsium serta mempertahankan kesehatan kulit dan jaringan.
-Dan vitamin D, jumlah yang dianjurkan per hari 400 IU. Vitamin itu membantu pembentukan gigi dan tulang dan pembekuan darah.
-Sementara vitamin E, jumlah yang dianjurkan per hari sebanyak 30 IU. Vitamin ini mempertahankan kesehatan umum dan kesehatan kulit dan rambut. --Vitamin K untuk membantu pembekuan darah pada luka.
-Untuk kalsium, jumlah yang dianjurkan per hari sebanyak 1000 mg. Kalsium berguna untuk pembentukan gigi dan tulang, membantu pembekuan darah pada luka serta mempertahankan kesehatan fungsi syaraf dan otot.
-Fluorida berguna untuk membantu pencegahan kerusakan gigi/karies. Sedangkan Yodium, jumlah yang dianjurkan per hari 150 mcg berguna untuk membantu kesehatn metabolisme tubuh dan mencegah Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKI).
-Pada zat besi, jumlah yang dianjurkan per hari 18 mcg. Zat besi berguna membantu pembentukan haemoglobin dalam sel darah merah, mencegah anemia. Sedangkan kalium/natrium, berguna untuk mempertahankan keseimbangan garam dan air dalam tubuh serta mempertahankan kesehatan fungsi syaraf dan otot.

Efek Samping mengkonsumsi Vitamin.
Ditegaskan, mengkonsumsi vitamin tidak ada efek sampingnya, kecuali bila dimakan secara berlebihan.
Vitamin B dan C larut dalam air, sehingga apabila terdapat jumlah yang berlebihan akan dikeluarkan.
Namun vitamin A, D, E dan K larut dalam lemak, sehingga jumlah yang berlebihan akan disimpan dalam tubuh dan akan menyebabkan keracunan.
Vitamin A yang berlebihan menyebabkan penumpukan kalsium dalam otot, penglihatan kabur, rambut rontok dan kulit kering/kuning.
Vitamin D yang berlebihan menyebabkan perubahan tulang, kegagalan pertumbuhan pada anak, penumpukan kalsium dalam otot/organ tubuh, batu/kegagalan ginjal dan arthritis (penyakit persendian).
Kalsium yang berlebihan akan menyebabkan penumpukan zat kalsium dalam otot/organ tubuh. Kalsium/natrium yang berlebihan menyebabkan perubahan dalam tekanan darah/ritme jantung dan kerusakan syaraf/ginjal.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah suplementasi vitamin dan mineral tidak bisa untuk mengganti makanan pokok.
Meskipun pembelian vitamin dan mineral tidak perlu resep dokter, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mulai minum vitamin dan mineral tersebut.
Kelompok vitamin B mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Apabila minum 1-2 jenis vitamin B secara berlebihan mungkin bisa menyebabkan gangguan keseimbangan hubungan tersebut, sehingga justru menyebabkan kekurangan vitamin B jenis lain.
Jadi kita harus mengkonsumsi semua jenis Vitamin dalam waktu yang bersamaan dan dengan dosis yang dianjurkan.
Tetapi bagaimana caranya???
Dengan mengkonsumsi USANA Essentials yang terdiri dari Multi Vitamin dan Multi Mineral yang disetujui oleh NSF, terdaftar di PDR dan MIMS. Garansi 100% terbuat dari bahan alami, campuran vitamin dan mineral yang tepat, jumlah dosis yang sesuai dengan isi yang tertera di label, dan tidak ada efek sampingannya.

Waktu Terbaik Mengkonsumsi Vitamin.
Banyak suplemen vitamin yang beredar di pasaran tidak mencantumkan kapan waktu terbaik mengkonsumsinya, apakah dikonsumsi pada pagi atau sore hari, serta apakah saat perut masih kosong atau sesudah makan. Tak ada aturan yang jelas seputar masalah itu, menyebabkan saat-saat minum vitamin kadang menjadi masa yang membingungkan. Karena kalau vitamin itu hanya numpang lewat saja- akibat konsumsi yang tidak tepat- kan sayang sekali...
Menurut Barbara Paulsen, Pemimpin Redaksi Majalah Health keluaran Amerika, konsumsi vitamin boleh dilakukan kapan saja begitu kita ingat. Sebab, hanya sedikit perbedaan manfaat yang diperoleh jika mengonsumsi vitamin secara teratur.
Bagi mereka yang ingin mengonsumsi vitamin secara teratur, Barbara Paulsen menyebut sejumlah tips yang bisa dilakukan agar manfaat vitamin lebih optimal. Katanya, konsumsilah vitamin bersama makanan untuk membantu proses penyerapan oleh tubuh. Karena ada sebagian vitamin dan mineral, seperti misalnya, pil zat besi yang berdampak keras bila dikonsumsi dalam perut keadaan kosong.
"Untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan, ada baiknya mengonsumsi pil zat besi bersama makanan," ujar Paulsen.
Begitupun dengan suplemen vitamin E yang saat ini kebanyakan dibuat bersalut lemak. Untuk memperoleh manfaat yang lebih besar, sebaiknya konsumsi suplemen vitamin E bersama cairan berlemak seperti segelas susu.
Tentang suplemen kalsium, Barbara menganjurkan, lebih baik mengonsumsi kalsium berdosis 300 mg atau kurang, dibandingkan dengan mengasup kalsium dalam jumlah besar sekaligus. Ada baiknya menambah dosis 10 persen jika mengkonsumsi kalsium bersama makanan atau biji-bijian karena bisa menahan proses penyerapan oleh tubuh.



Efek kekurangan Vitamin pada tubuh.
Kekurangan asupan Vitamin terbukti menimbulkan Penyakit-penyakit Kronis. Bukti-bukti terbaru menunjukkan bahwa kekurangan vitamin pada level yang dibawah standart internasional sangat beresiko pada penyakit-penyakit kronis seperti : Penyakit Jantung, semua jenis Cancer dan Osteoporosis (tulang keropos).
Dalam Studynya selama hampir 20 tahun, the American Medical Association (AMA) meyimpulkannya sebagai berikut :
- folic acid (vitamin B6 dan B12) adalah sangat diperlukan untuk metabolisme homocycteine dan kekurangan pada vitamin ini meningkatkan resiko penyakit Jantung.
- kekurangan vitamin E dan lycopene menimbulkan resiko penyakit Cancer Prostate.
- kekurangan vitamin D menimbulkan resiko Osteoporosis dan tulang patah disamping Calcium.
- kekurangan vitamin B12 menimbulkan resiko anemia (kekurangan darah).
- kekurangan carotenoids (vit A dari sayur dan buah-buahan) meningkatkan resiko Cancer payu dara, Cancer prostate dan Cancer paru-paru.
- kekurangan vitamin C beresiko meningkatkan resiko Cancer.
- kekurangan vitamin A berhubungan dengan fungsi mata dan fungsi kekebalan tubuh.
Pada beberapa orang beranggapan bahwa strandart RDAs (Recommended Dietary Allowances) adalah terlalu tinggi dibanding DRI (Dietary Reference Intake) dan tidak dapat diterima. Ini adalah salah besar, karena RDAs ini dibuat untuk menolong orang-orang yang sakit akibat kekurangan dosis vitamin dikarenakan perubahan kondisi Lingkungan hidup pada manusia modern seperti Polusi Udara, Air, Peptisida, Fast food / snack, yang juga menimbulkan jenis-jenis penyakit baru seperti AIDS, Flu Burung, Mad cow dan masih banyak lagi.
Contoh-contohnya sbb:
-Standart vitamin E dari DRAs adalah 1.000mg, bandingkan dengan DRI yang hanya 15mg, hampir 70 kalinya.
-Standart vitamin C dari DRAs adalah 2.000mg, bandingkan dengan DRI yang hanya 90mg, hampir 22 kali lipat.
Untuk standart vitamin-vitamin yang lain seperti thiamin, riboflavin, biotin, pantothenic acid dan vitamin B12, tidak ada perbedaan yang mencolok .
Tetapi ada 2 jenis vitamin yang dapat menimbulkan keracunan jika dikonsumsi pada jangka panjang dengan dosis yang tinggi.
- kebanyakan vitamin A dapat beresiko keracunan pada liver (hati). Pada kasus kehamilan, dosis vitamin A lebih dari 10,000 IU terbukti menyebabkan keguguran terutama pada masa 7 minggu pertama dari waktu mengkonsumsi.
Wanita yang mengandung hanya diperbolehkan mengkonsumsi vitamin A dibawah 5,000 IU atau diutamakan supplement dengan beta carotene.
- kebanyakan zat Besi dapat menimbulkan free radical yang dapat meningkatkan kerusakan pada system cholesterol. Juga meningkatkan resiko infeksi Cancer dan serangan jantung.

Aman dan komposisi tepat adalah alasan orang dalam memilih supplement (vitamin). Produk supplement lengkap dan terbuat dari bahan Bioavailable (alami) yang sangat aman dgn komposisi yang tepat dapat diperoleh di produk USANA Essentials ( mengikuti standart Badan International dan Dunia).

APAKAH SEMUA SUPPLEMENT DIBUAT DENGAN STANDART SAMA ?

Pada tahun 2001 FDA (Food and Drug Administration) mengakui bahwa : “Karena seringnya kesulitan pada konsumen untuk mendapatkan informasi tentang produk supplement yang akan mereka beli tanpa harus menghubungi Pabriknya terlebih dahulu”.
Masalahnya bukan pada apakah campuran-campurannya aman ? Tetapi lebih kepada masalah proses pembuatannya apakah higienis dan kekurang kerasnya butir vitamin akan sangat berakibat kepada Kontaminasi yang Serius dan pencemaran produk.
Pernyataan US.-based Council for Responsible Nutrition menyebutkan bahwa Antara 20 s/d 40% dari produk US Dietary Supplement tidak lolos dari Analisa apa yang tertera di Label.
Dengan Quality Control seperti itu, masyarakat seharusnya bertanya “ Apakah yang ditaruh dilabel betul-betul sesuai dengan isinya ? “.
Pernyataan resmi Pers pada 7 Maret 2003 tentang Penutupan Pabrik yang tidak memenuhi sandart sbb :
- Satu dipastikan ditutup karena terbukti kontaminasi dengan kelebihan jumlah dosis yang diijinkan.
- Satu lagi ditutup karena terbukti bahwa kadar supplement folic acid (vit B6 dan B12) hanya 35% dari apa yang tertera dilabel.
- Satu lagi ditutup karena produk niacin-nya yang berakibat muntah-muntah, kerusakan liver (hati), berhubungan dengan serangan jantung setelah mengkonsumsi produk tsb. Terbukti niacin-nya 10 kali lebih dari yang diijinkan.


Manfaat makanan sebagai Antioxidant.
Apa yang kita makan sehari hari sangat besar pengaruhnya bagi kesehatan tubuh kita. Ribuan study membuktikan bahwa diet atau pola makan yang tidak teratur sangat berhubungan tinggi dengan resiko penurunan daya tahan tubuh yang akhirnya mengakibatkan resiko timbulnya berbagai penyakit seperti :
Kencing manis, penyakit Jantung, berbagai macam cancer, tekanan darah tinggi, kolesterol, hepatitis, dsbnya.
Makanan adalah obat dan multi vitamin kita yang paling penting. Kalau dikonsumsi secara salah, dapat mengakibatkan masalah yang serius bagi kesehatan kita, kalau dikonsumsi secara betul dapat melindungi kesehatan kita.
Semua study membuktikan bahwa diet yang sehat ( cukup karbohidrat, protein, lemak, fiber, nutrisi dari sayur dan buah ) dan olahraga yang teratur akan sangat mengurangi resiko gejala penyakit yang sudah dijelaskan diatas.
Tetapi sayangnya diet yang dilakukan hampir semua orang adalah pengurangan langsung porsi makanan, tanpa diimbangi makan sayuran dan buah-buahan yang cukup setiap hari dengan alasan sibuk, lupa atau kurang suka. Kalau untuk olah raga / fitness masih banyak orang yang melakukannya, itupun dengan energi yang sudah terkuras waktu bekerja, beberapa mengkonsumsi supplement untuk meningkatkan energi.
Ada kekhawatiran dari orang akan ketergantungan mengkonsumsi multi vitamin, jadi kalau sudah makan akan sulit untuk berhenti dan berakibat buruk, semacam ketergantungan akan morfin.
Itu adalah pemikiran yang sangat salah, karena sebetulnya vitamin itu sendiri berasal dari makanan yang kita makan, hanya karena pola makan kita yang tidak teratur dan kurang sehat (makanan cepat saji, camilan, instant food / indomie ), diet pengurangan porsi makan, sehingga tubuh perlu tambahan multi vitamin.
Bahkan pasien yang berobat oleh para dokter dianjurkan selain makan obat juga mengkonsumsi vitamin untuk membantu daya tahan tubuh selama masa perawatan sehingga mempercepat penyembuhan penyakit tsb.
Belum lagi udara disekitar kita yang semakin buruk dengan asap kendaraan bermotor, mobil, asap pembuangan pabrik, asap rokok yang kesemuanya menambah parah tubuh kita karena kita tak dapat berhenti menarik napas / udara. Efek ini disebut “Oksidative Stress” yang menyebabkan 70 macam penyakit –penyakit kronis didunia.
Sebetulnya tubuh memerlukan oksigen adalah untuk menciptakan energi dan hidup sel itu sendiri, tapi karena oksigen yang masuk dalam tubuh itu sudah tercemar menjadi “Free Radical” sehingga mengakibatkan kerusakan pada sel. Bayangkan kalau proses ini terjadi selama bertahun-tahun dalam tubuh kita.
Fungsi dari Nutrisi Supplement yang terbuat dari sayuran dan buah-buahan adalah menetralisir Free Radical dan menambah daya tahan sel dari serangan Free Radical tsb. Sehingga sel-sel yang baru berkembang biak akan mengganti sel-sel yang sudah rusak / tidak sehat, secara keseluruhan. Pada akhirnya tubuh yang sudah terjangkit penyakit akan kembali pulih seperti semula, bahkan lebih sehat dari sebelumnya.
Riset membuktikan, jika seseorang setiap hari dapat mengkomsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan dalam porsi yang cukup akan meningkatkan energi, segar, mengurangi kadar gula, mengurangi kolesterol, kulit tidak kering dan masih banyak lagi efek positifnya bagi tubuh.
Tapi sayangnya sekarang untuk mendapatkan sayuran dan buah-buahan saja orang takut dan khawatir akan kandungan pestisida dikulit luarnya, kecuali dicuci bersih-bersih atau beli yang organic. Betapa repot dan susahnya.
Bagi mereka yang sudah mengerti, beralih ke Suplement / Multi Vitamin yang terbuat dari sari sayuran dan buah-buahan. Yang dibutuhkan hanyalah pengetahuan dan kejelihan untuk memilih produknya, karena banyaknya merk yang beredar dipasaran.
Kecenderungan orang untuk membeli product yang tidak diketahui adalah mengikuti saran teman atau membeli langsung di toko Suplement.
Di USA sekalipun banyak orang yang kurang pengetahuan tentang kwalitas vitamin yang dijual bebas. Untuk itu anda dapat membeli buku pedoman Vitamin dengan Judul “Comparative Guide to Nutritional Suplements” karangan Lyle MacWilliam,BSc,MSc,FP. Kemungkinan belum dijual di Indonesia tapi dapat anda beli di toko-toko Singapore atau websitenya www.comparativeguide.com
Adalah merk USANA dengan ranking score tertinggi, dengan system online dan website www.usana.com sangat jelas untuk semua orang untuk mengaksesnya.
Bahkan ada kolom pertanyaan fungsi pemakaian untuk berbagai jenis penyakit kronis, merk ini terdaftar di PDR (Physician’s Desk Reference) dan MIMS (Master Index of Medical Specialities) di USA dan seluruh Asia sebagai buku panduan para dokter specialis untuk membantu mereka dalam menentukan vitamin yang dibutuhkan pasiennya selain obat untuk membantu proses penyembuhan.
Kalau boleh dikatakan USANA adalah Multi Vitamin+Mineral dengan komposisi terbaik didunia dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau.
Jadi tunggu apalagi, kalau sudah terlanjur membeli vitamin lain, konsumsi sampai habis dulu, baru konsumsi USANA, rasakan perbedaannya.
Tidak ada vitamin didunia ini yang tidak bagus, hanya kalau kita dapat memilih yang lebih bagus dan tentunya masih terjangkau, mengapa tidak ?
Kadang uang yang kita keluarkan untuk membeli produk vitamin tidak sebanding dengan khasiat / mutu vitamin itu sendiri. Hal itu yang kadang membuat orang berpikir adalah percuma untuk mengkonsumsi vitamin.
Tetapi seperti pepatah berkata; Kalau kita tidak pernah jatuh, mungkin kita tidak akan pernah dapat berjalan, apalagi berlari. Jadi dengan pengalaman pernah
mengkonsumsi beberapa merk vitamin adalah sangat membantu kita dalam mendapatkan yang terbaik, demikian juga saya.

Pengertian Herbal dan Vitamin.
Banyak masyarakat terutama di Indonesia selalu beranggapan bahwa HERBAL (Ramuan Tradisional atau Jamu) sama dengan Vitamin. Padahal jelas berbeda, karena seseorang akan mengkonsumsi HERBAL kalau merasa jatuh sakit / kurang enak badan.
Jadi fungsi HERBAL sendiri adalah sama dengan Obat-obatan baik umum maupun Resep Dokter, tapi untuk ketepatan dalam mengobati tidak bisa dijamin akurat karena tidak dibuat berdasarkan penelitihan laboratorium modern serta riset, hanya saja bahan yang dipakai adalah tumbuh-tumbuhan yang pasti hampir tidak ada efek sampingan dibanding obat-obatan medis.
Produk HERBAL kebanyakan dipakai diseluruh Negara-negara dunia ketiga dikarenakan keterbatasan Dana Riset dan Sumber daya manusianya. Demikian juga dengan China yang terkenal dengan ramuan HERBAL nya.
Sedangkan Obat dan Vitamin sendiri dibuat berdasarkan Riset bertahun-tahun dan Teknologi yang Modern disamping Sumber daya manusianya sehingga kadar akurat dan kecocokannya sangat tinggi.
Disamping pihak dari Badan Independent seperti NSF International (Badan pemeriksa semua produk yang berhubungan dengan masyarakat seperti Air, Makanan, Vitamin dll) serta GMP (Good Manufacturing Practices) sehingga masyarakat dapat terhindar dari Penipuan atau manipulasi produk.
Pada kebanyakan masyarakat Chinesse keturunan di Indonesia yang masih fasih membaca tulisan China akan berorientasi dengan HERBAL China dikarenakan keterbatasan dan ketidaktahuan akan bahasa Inggris.
Dinegara-negara seperti Taiwan, Hongkong, Singapore dan Malaysia dimana masyarakatnya banyak yang fasih berbahasa Inggris lebih berorientasi pada Vitamin dibandingkan Obat-obatan atau Herbal.

Pengertian dari mengkonsumsi Vitamin lebih mengarah pada Peningkatan Immune tubuh (kekebalan terhadap penyakit) dibanding menunggu jatuh sakit baru mengkonsumsi Obat. Pada gejala ringan seperti mudah FLU, PILEK, MASUK ANGIN, SAKIT KEPALA dan BATUK, Mudah Ngantuk / capai, sebenarnya adalah penurunan Immune tubuh yang dikarenakan kekurangan asupan vitamin dari makanan yang dimakan sehari-hari.
Untuk itulah maka masyarakat modern dianjurkan mengkonsumsi Vitamin untuk mengisi kekurangan vitamin dari pola makan yang tidak sehat seperti Fast Food, Gorengan, Snack, kurang sayuran dan buah-buahan.
Para pakar Immunology menyimpulkan bahwa manusia modern sekarang harus mendapatkan vitamin-vitamin yang lengkap dan dengan dosis yang tepat karena kadar Polusi sekarang sangat tinggi. Kalau mengkonsumsi vitamin yang kurang baik komposisi maupun dosisnya adalah percuma dan kurang bermanfaat bagi kesehatan.
Bahkan mengkonsumsi Multy Vitamin dan Mineral dengan dosis yang tepat akan berpengaruh terhadap proses penuaan karena proses perbaikan sel-sel yang sakit dan rusak menjadi pulih seperti baru. Sehingga seluruh tubuh manusia akan kembali sehat seperti waktu muda. Inilah yang biasanya disebut Teory Anti Aging.

Pada kebanyakan orang, reaksi dari mengkonsumsi Mineral dengan dosis tepat sangat mempengaruhi energinya sehingga problem seperti ngantuk pada sore hari tidak lagi.
Sebagian kecil pemakai Multy Vitamin akan mengalami ketidak cocokan dengan vitamin C sehingga perut kadang kembung (Stomach Upset). Untuk itu harus mengurangi dosis pemakaian atau bahkan berhenti 1-2 hari baru melanjutkan konsumsi dengan dosis kecil. untuk memberikan waktu tubuh beradaptasi.
Mengkonsumsi Multy Vitamin itu sendiri juga dapat membuang racun dalam tubuh sehingga kadang menimbulkan reaksi seperti : kejang pada otot tubuh dan sakit kepala ringan. Hal itu akan hilang setelah beberapa hari (1-2 minggu).
Yang pasti reaksi itu tidak berbahaya, semua dikarenakan dosis Multy Vitamin yang banyak dan reaksinya yang cepat.
Beberapa kasus ada juga yang bereaksi dengan kulit sehingga akan timbul reaksi seperti allergy kulit (bintik merah), tapi ini bukan allergy karena tidak ada kasus seseorang allergy terhadap Vitamin.
Semua ini adalah reaksi pembuangan racun-racun dalam tubuh (Detoxin) yang didapat dari makanan dan obat-obatan yang kita konsumsi selama ini.

No comments:

Post a Comment